Cara Menginstall GCAM Di XIAOMI Black Shark 2 PRO

Black Shark 2 Pro ini ialah satu dari ribuan smartphone Gaming edisi tahun 2019. Yang berkemungkinan akan masuk secara resmi ke Indonesia. Gadget smarphone ini akan dibekali dengan hardware kelas tinggi misalnya dari prosesor Snapdragon 885+ pastinya, kemudian juga GPU Adreno 640, lalu dengan kapasitas RAM hingga 12GB, memori internal dengan kapasitas mencapai 256GB. Wah bener-bener canggih kan smartphone ini!

Setelah hadir dengan kecanggihan spesifikasi yang mumpuni. Untuk smartphone Black Shark 2 Pro ini juga mempunyai dua buah modul pada kamera yang masing-masingnya beresolusi se epic 48MP f/18 kemudian juga 12mp f/2.2. Untuk aplikasi pada kameranya sendiri kini hadir di smartphone dengan beragam fitur yang pastinya jelas keren. Misalnya seperti, auto, portrait, 48mp, lalu HDR, kemudian juga Night hingga ke mode pro.

Smartphone Black Shark 2 Pro ini juga akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya kalau ingin menginstall sebuah aplikasi kamera oleh pihak yang ketiga. Yaitu salah satu misalnya, Google Camera. Aplikasi pada kamera ini dibesutkan oleh Google yang biasa kita kenal dengan Gcam, hal ini juga disebut-sebut bisa meningkatkan hasil pada pengambilan gambar. Dan bagusnya lagi Gcam ini mempunyai fitur-fitur yang sangat unggul, contohnya seperti HDR+ Enchanced, lalu, HDR+, kemudian juga Potrait Mode dan hingga Night Sight.

Cara menginstall Gcam pada Black Shark 2 Pro

install aplikasi google camera

Agar bisa memasang Gcam di Black Shark 2 pro ini ini sebenarnya hamper sama dengan keseluruhan smartphone diluar sana. Hal pertama yang harus dilakukan ialah memastikan sebuah smartphone apakah bisa mendukung Gcam atau belum. Untuk mengecek, anda bisa mencoba hal-hal sebagai berikut, yaitu Ciri Smartphone yang bisa dipasangkan pada Gcam.

Jika semuanya dapat mendukung, maka untuk langkah bekutnya ialah mencari sebuah aplikasi Gcam yang cocok dan pas. Lalu, pilihlah aplikasi yang diinginkan untuk mendownload. Semuanya hampir pada aplikasi Gcam tersebut bisa langsung saja diinstall pada Black Shark 2 Pro anda.

Jika anda masih juga bingung untuk memilihnya, maka anda juga bisa mencoba aplikasi yang diciptakan oleh developer Arnova8Gb2. Kemudian, pilihlah versi final dengan sebuah tulisan Bold agar dapat meminimalisir tentang adanya Bug. Untuk tahap selanjutnya, install Gcam pada Black Shark 2 Pro.  Agar pengaturan Gcam-nya, bisa saja menggunakan contoh berikut:

Untuk memasang Google Camera, anda harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Xiaomi mempunyai processor Snapdragon
  • Telah terpasang TWRP
  • Memakai Android Marshmallow Atau juga Nougat
  • Sudah di-root
  • Harus mengaktifkan Camera2API(akan dibahas dibawah ini)

Langkah-Langkah Mengaktifkan Camera2API

Downlaod Google Camera

1. Memasang TWRP dan juga ROOT

Dengan sesuai persyaratannya, Xiaomi harus terpasang TWRP Recovery.

2. Cara untuk Enable Camera2API

Camera2API ialah kerangka sebuah kerja yang telah mengijinkan penggunanya atau pada pengembang Androidnya untuk dapat mengakses fitur manual pada kamera, seperti ISO, eksposur, fokus system seperti DSLR, dengan begitu aplikasi kamera dapat menggunakan fitur lebih advance untuk dapat menghasilkan foto baik.

Dalam mengaktifkan Camera2API, dilakukan dengan cara yaitu:

  • Via TWRP
  • Via Magisk
  • Kemudian Via edit BuildProp

Tapi untuk hal ini, anda dapat menggunakan TWRP untuk aktifkan Camera2API ya.

Bahan yang akan dibutuhkan

Pada C2API_Enabler_V1500.zip (ini untuk mengaktifkan Camera2API saja, Lalu salin ke internal storage anda tidak diestrak, kemudian diletakan pada luarnya saja)

Langkah-langkah

  • Anda masuk ke TWRP, kemudian pilih Install
  • Lalu pilih file C2API_Enabler_V1500.zip, dan yang telah anda salinkan sebelumnya pada internal storage
  • Kemudian, geser ke kanan pada Swipe to Confirme the flash
  • Anda tunggu proses sampai selesai, lalu Reboot System

Untuk tahapan yang ini, proses dalam pengaktifan Camera2API sudah selesai.

3. Install Aplikasi Google Camera atau Gcam

Setelah kamera diatas sudah aktif. Maka untuk selanjutnya anda harus memasang sebuah aplikasi Google Camera.

Itulah ringkasan singkat yang mungkin anda butuhkan untuk menginstall GCAM di HP Xiaomi Black Shark 2 Pro. Semoga bisa menjadi referensi.